Advertisement

Responsive Advertisement

KD 3.1 ABD XII 1 - Pengertian DBMS


 DBMS

Pengertian DBMS

Database Management System (DBMS), adalah software yang dirancang untuk membantu dalam memelihara, memanfaatkan, dan menggunakan sekumpulan data yang besar dan sangat berkembang pesat.
 
Sejarah

Sejak awal adanya komputer, menyimpan dan memanipulasi data telah menjadi fokus utama sebuah aplikasi. Awalnya DBMS yang didesain oleh Charles Bachman di General Electric pada awal tahun 1960 disebut Integrated Data Store. Ini membentuk dasar untuk model data jaringan, yang distandarisasi oleh Conference On Data System Languages (CODASYL) dan sangat berarti bagi sistem database pada tahun 1960-an.
Bachman adalah penerima penghargaan pertama dari ACM Turing Award (penghargaan ilmu komputer setara hadiah Nobel) yang bekerja di bidang database pada tahun 1973.

Data

Fakta, teks, hasil pengukuran, gambar, suara, dan video yang bernilai informasi.
 
Informasi

Data yang telah diproses sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan.

Database

Kumpulan data yang terorganisir berdasarkan suatu struktur hubungan.

Metadata

Deskripsi tentang format dan karakteristik data, termasuk tipenya, ukurannya, nilai-nilai yang absah, dan dokumentasi lainnya.

Manfaat

• Independensi data
• Akses data efisien
• Integritas dan keamanan data
• Administrasi data
• Akses konkuren dan Crash Recovery
• Waktu pengembangan aplikasi terkurangi

Tingkat Abstraksi 
·       Model Relasional

Dalam membangun deskripsi tentang pusat data dalam model adalah suatu hubungan, yang dapat dianggap sebagai kumpulan record. Deskripsi data dalam istilah model data disebut skema. Dalam model relasional, skema digunakan untuk relasi menentukan nama, nama setiap field (atau atribut atau kolom), dan tipe setiap field.


·       Tingkat Abstraksi dalam DBMS

Data dalam sebuah DBMS dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu:

Ø Skema Konseptual

Ø Skema Fisik

Ø Skema Eksternal


·       Independensi Data

Indepedensi data adalah program aplikasi yang telah terisolasi dari perubahan dalam struktur data yang disimpan. Independensi data dicapai melalui penggunaan dari tiga tingkat data abstraksi ; khususnya, skema konseptual dan skema eksternal yang mempunyai manfaat yang berbeda pada bidang ini.


 


Posting Komentar

0 Komentar